Mediatek Perkenalkan Dimensity 800U, SoC Kelas Menengah dengan Dukungan 5G

Andriodkitabisa - Kejutan datang dari MediaTek. Pabrikan chipset seluler yang berbasis di Taiwan ini telah memperkenalkan satu lagi chipset kelas menengah terbarunya, Dimensity 800U.



MediaTek, pabrikan chipset untuk smartphone begitu getol menelurkan produk terbaru. Kali ini, pabrikan chipset yang berbasis di Taiwan itu baru saja mengumumkan kehadiran chipset terbarunya, Dimensity 800 yang menghadirkan kemampan konektivitas 5G.

Menariknya, chipset ini hadir ditujukan untuk smartphone 5G kelas menengah. Chipset yang dibangun dengan proses fabrkasi 7nm ini juga masuk ke dalam keluarga Dimensity, yang mencakup Dimensity 720, Dimensity 820, Dimensity 800, Dimensity 1000+ dan Dimensity 1000.

Seperti ditegaskan oleh MediaTek, Dimensity 800 merpakan chipset mobile Octa-core yang memiliki dua core ARM Cortex-A76 dengan clock speed 2,4 GHz dan enam core Cortex-A55 dengan clock speed hingga 2,0 GHz. Untuk grafis, di dalamnya sudah tertanam GPU ARM Mali-G57 dan dilengkapi APU yang independen.

Sementara itu, modem 5G dari Dimensity 800U mendukung 5G+ 5G dual SIM dual stand, dual VoNR (Voice over New Radio), jaringan sub-6 GHz NSA/SA dan 5G two carrier aggregation (2CC 5G-CA). Ada juga teknologi 5G UltraSave dari MediaTek.

Dukungan teknologi 5G UltraSave dari MediaTek dapat mengelola pengoperasian modem berdasarkan lingkungan jaringan dan kualitas transmisi data untuk meningkatkan masa pakai baterai perangkat seluler. Chipset ini juga memiliki kompabilitas dengan RAM LPDDR4x hingga clock speed 2.133 MHz dan penyimpanan internal UFS 2.2.

SoC ini juga mendukung layar FullHD+ dengan refresh rate 120Hz. Untuk pengalaman visual yang ditingkatkan, chipset ini juga mendukung HDR10 + dan mesin MiraVision PQ MediaTek dengan pengoptimalan HDR untuk berbagai jenis video.

IPS Dimensity 800U mendukung sensor gambar hingga 64 MP dengan empat kamera belakang. Fitur lainnya yang turut diselipkan oleh MediaTek ke dalam chipset ini adalah dukungan voice assistant yang beragam, reduksi noise mikrofon ganda, WiFi 802.11ac dan Bluetooth 5.1.

MediaTek juga sesumbar bahwa Dimensity 800U dirancang untuk menghadirkan kinerja CPU dan GPU 11 persen dan 28 persen lebih cepat. Masing-masing dibandingkan dengan chipset Dimensity 720 yang memulai debutnya pada bulan Juli lalu.

Lantas, smartphone apakah yang bakal pertama kali mencicipi chipset ini? Mengenai hal itu, MediaTek masih tutup mulut. Namun, sejumlah analis memperkirakan smartphone yang didukung oleh Dimensity 800U akan melenggang pertama kali di pasar Cina pada kuartal ketiga tahun ini.