Hot Isu Qualcomm akan Merilis Snapdragon 732G di Bulan Depan

Andriodkitabisa - Qualcomm selama beberapa tahun menikmati dominasi segmen chip seluler andalan dan kelas menengah. Tetapi, belakangan ini, pabrikan chipset seluler yang berbasis di San Diego, California, Amerika Serikat ini seharusnya waspada dengan pergerakan yang dilakukan oleh MediaTek.



Seperti yang sdah kita lihat bersama, MediaTek beberapa bulan belakangan ini begitu getol merilis chipset seluler dengan beberapa seri mengesankan, termask chipset yang di dalamnya tertanam teknologi 5G. Dalam upayanya untuk terus mempertahankan kepemimpinan pasar, tentu saja Qualcomm tidak ma berdiam diri.

Rumor terbaru, Qualcomm dikabarkan berencana meluncurkan SoC mid-range terbaru yang punya panggilan Snapdragon 732G pada bulan September. Menurut informasi yang beredar di Twitter, chipset tersebut menggunakan dua inti Kyro 430 Gold dan enam Kyro 470 Silver, yang masing-masing memiliki clock speed 2,3 GHz dan 1,8 GHz.



Untuk GPU-nya, chipset ini akan memakai Adreno 618. Informasi lainnya yang juga turut diungkap bahwa Snapdragon 732G akan menjadi chipset khusus 4G. Besar kemungkinan tidak disertakannya modem 5G ke dalam chipset tersebut untuk menghemat biaya.

Sumber tersebut juga menambahkan bahwa Snapdragon 732G akan dirilis bersamaan dengan smartphone yang dibanderol di bawah harga US$ 300 (Rp4,4 juta) di Vietnam pada bulan September nanti. Kabar lainnya juga menyebutkan Snapdragon 732G kemungkinan akan menjadi versi yang ditingkatkan dari Snapdragon 730G.

Sekadar informasi untuk kalian, Snapdragon 730G hadir dengan arsitektur yang mirip, yaitu 2x Kryo 470 Gold (berdasarkan Cortex-A76) core dengan clock speed 2,2 GHz dan 6x Kryo 470 Silver (berdasarkan Cortex-A55) dengan clock speed di 1,8 GHz.

Perbedaannya bisa kita lihat dari clock speed yang lebih tinggi pada core besar, yakni 2,3 GHz (Snapdragon 732G) dan 2,2 GHz (Snapdragon 730G). Selain itu, tak sedikit yang meragkan bahwa Qualcomm akan meramu Snapdragon 732G dengan dukungan teknologi AI yang lebih baik.

Namun yang harus diperhatikan, informasi yang dibagikan masih sebuah rumor dan Qualcomm hingga saat ini belum pernah mengkonfirmasi hal itu. Jadi, kita tunggu saja di bulan September nanti apakah Qualcomm akan benar-benar merilis Snapdragon 732G atau tidak.