Batasi Penggunaan Kamera Pihak Ketiga Di Android 11

Andriodkitabisa - Salah satu keistimewaan Android dibanding iOS adalah memungkinkan pengguna Android untuk memilih aplikasi yang dapat dipasang secara default, sementara untuk iOS cukup banyak aplikasi yang dibatasi sehingga pengguna harus menggunakan fitur bawaan.

Android 11 Batasi Penggunaan Kamera di Aplikasi Pihak Ketiga ...

Namun, sayangnya pada sistem operasi terbaru Android 11, Google akan melarang pengguna untuk menggunakan kamera pihak ketiga yang dipasang secara default. Artinya pengguna harus menggunakan kamera bawaan Google.

Pada dasarnya, dengan aplikasi tertentu pengembang dapat membuatnya sehingga pengguna dapat memilih untuk menggunakan aplikasi kamera yang berbeda selain dari kamera bawaan Google. Ini karena beberapa aplikasi tidak dirancang untuk menjadi aplikasi fotografi, oleh karena itu aplikasi tidak akan selalu mengambil foto.

Sebelumnya, Android mengizinkan pengguna untuk memiliki aplikasi kamera pilihan mereka, namun kemampuan ini akan dihilangkan dari Android 11. Pada Android 11, fungsi memilih kamera akan hilang dan aplikasi dengan kemampuan kamera sekarang harus menggunakan aplikasi kamera bawaan Google.

Ini tidak akan berlaku untuk semua aplikasi, hanya aplikasi yang sebelumnya mengizinkan pengguna untuk memilih kamera sebagai default.

Aplikasi seperti Instagram, Twitter, atau Snapchat akan tetap menggunakan aplikasi kamera yang mereka miliki, tetapi aplikasi lain seperti Reddit, Google Keep, dan sebagainya tidak akan lagi memiliki akses ke alat pilih kamera.

"Ini akan membantu melindungi privasi dan keamanan pengguna Android. Meskipun kami menghargai itu, kami yakin akan ada lebih dari segelintir pengguna Android yang tidak akan terlalu senang dengan ini."